5 Makanan Terbaik yang Disarankan Untuk Penderita Diabetes



1.Tomat



memakan jus tomat setiap hari dapat mengurangi risiko penggumpalan darah dan sering terjadi pada diabetes. Penggumpalan darah ini dapat menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung, stroke. dan penyakit berbahaya lainnya yang dapat mengancam jiwa. Tomat memiliki kaya akan vitamin C, vitamin E, zat besi, dan anti oksidan penting lainnya. DAn juga menggandung likope dan lutein yang melindungi ginjal dan pembuluh darah dari kerusakan akibat diabetes.

2. Ubi jalar





Ubi jalar mampu mengurangi HbA1c sebanyak 0.3 hingga 0,57% dan mempercepat pemrosesan glukosa darah sebanyak 10 hingga 15 poin. 

Ubi jalar juga mengandung antosianin yang merupakan pigmen alami yang memberinya warna oranye gelap. Senyawa yang termasuk antioksida ini bermanfaat sebagai zat anti peradangan, anti viral, dan anti mikroba. Ubi jalar sangat kaya akan vitamin Adan serat. 

3. Bayam 



Seseorang yang mengkinsumsi lebih dari satu porsi bayam dalam sehari dan sayuran yang berdaun hijau lainnya bisa mengalami penurunan risiko hingga 14% dibandingkan mereka yang hnya makan 1/2 porsi per hari.

Pasalnya, sayuran yang berwarna hijau sangat kaya akan vitamin Kserta mineral magnesium, folat, fosfor, potasium, dan seng. Bayam juga mengandung senyawa lutein, zeaxanthin, dan berbagai flavonoid lainnya.

4. Cokelat hitam 





Cokelat sangat kaya akan flavanoid yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi insulin, mempercepat pengolahan glukosa darah, dan mengurangi keinginan untuk makanan lebih. Tidak semua cokelat memiliki tingkat khasiat yang sama.

5. Buah-buah citrus




Buah-buahan citrus seperti grapefruit, jeruk, dan lemon mengandung serat dan vitamin C dalam jumlah tinggi. Buah-buahan ini mengandung gula alami fruktosa yang tidak meningkatkan gula darah secara signifikan setelah dikonsumsi. Citrus juga mengandung antioksidan antingeri yang membantu mencegah obesitas, mempertahankan berat badan, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Artikel Terkait 5 Makanan Terbaik yang Disarankan Untuk Penderita Diabetes :